Senin, 26 Januari 2015

Cara dan Tips Aman Menaikkan Berat Badan Tanpa Obat

Menaikkan Berat Badan Secara Aman Tanpa Obat



Tubuh terlalu kurus terlihat kurang menarik. Menambah berat badan dapat dimulai dengan mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh dan dalam jumlah yang lebih dari kebutuhan, seperti mengkonsumsi makanan untuk menambah berat badan dalam jumlah lebih banyak. Anda juga dapat mencoba cara menambah berat badan berikut in.

Cara Menambah Berat Badan :

  • Tingkatkan porsi makan atau makan lebih sering.

Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak asupan untuk membentuk tubuh yang berisi. Anda juga dapat untuk makan lebih sering, misalnya sebelumnya makan hanya 3 kali sehari dan dalam porsi yang kecil, maka anda bisa meningkatkan nya menjadi 4 sampai 5 kali sehari dalam porsi kecil juga.

  • Perbanyak konsumsi karbohidrat


Berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, seperti : buah-buahan, sayuran, nasi merah dan makanan yang berbahan dasar dari gandum seperti sereal dan roti. Makanan berbahan dasar gandum merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Mencukupi kebutuhan protein

Sumber protein yang sehat dapat berasal dari daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan yang dapat untuk mencukupi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

  • Mencukupi kebutuhan mineral


Sumber mineral dapat diperoleh dari buah-buahan, susu, keju, sayuran hijau, daging merah, serta kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

  • Mencukupi kebutuhan vitamin


Sumber vitamin yang diperoleh dari berbagai aneka buah-buahan, seperti : stroberi yang mengandung vitamin C atau pisang yang kaya akan kandungan vitamin E.

  • Mencukupi kebutuhan lemak


Sumber lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega 3, dan omega 6. Sumber lemak omega 3 dapat diperoleh dari ikan dan kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega 6 dapat diperoleh dari minyak sayur seperti kelapa, minyak biji matahari, jagung.

  • Hindari minum sebelum makan


Minum air putih sebelum makan dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet, namun tidak di anjurkan untuk menambah berat badannya. Minum  air sebelum makan dapat membuat perut merasa kenyang terlebih dahulu sehingga porsi makanan pun berkurang karena telah terisi oleh minuman yang diminum sebelum makan tersebut.

  • Hindari begadang

Apabila berniat untuk menambah berat badan, maka diharuskan untuk menghilangkan kebiassan begadang, kecuali ada hal yang penting yang harus dilakukan. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup terutama pada malam hari. Pada malam hari adalah saat tubuh beristirahat setelah beraktifitas seharian. Dengan beristirahat pada malam hari, tubuh akan memulihkan kondisi dan memperbaiki fungsi organnya.

  • Hindari kafein


Anda harus berfikir ulang untuk mengkonsumsi kafein dalam menjalankan program untuk menambah berat badan. Hal ini karena kafein yang terkadnung dalam kopi bertindak sebagai penahan nafsu makan. Kandungan asam dalma kopi dapat meningkatkan asam lambung yang pada akhirnya meningkatkan resiko terjadinya sakit maag dan semakin dapat membuat tubuh mengalami kesulitan untuk makan.

  • Berhenti merokok


Bagi para perokok aktif, mungkin tubuh kurus disebabkan karena kebiasaan merokok. Hal ini karena rokok sama halnya dengan kafein yang membuat menjadi kurang nafsu makan dan merusak fungsi organ-organ lainnya dalam tubuh . Alangkan baiknya untuk segera menghentikkan kebiasaan merokok. Selain dapat membahayakan diri sendiri, merokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar bila asapnya terhirup dapat mengakibatkan asma.

  • Perbanyak camilan

Camilan juga dapat berdampak baik dalam proses penambahan berat badan, terutama bagi yang kurang memiliki nafsu makan. Camilan dapat mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Minum susu secara rutin

Biasakanlan minum susu walaupun sudah beranjak dewasa. Hal ini karena susu selain sehat juga dapat menambah berat badan . Disarankan untuk minum susu 2 kali sehari. Susu termasuk penting yang harus kita konsumsi, karena termasuk kedalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna.

  • Olahraga

Walaupun mengkonsumsi banyak makanan sehat dan melakukan semua cara untuk menambah berat badan, namun jarang berolahragam maka usaha yang telah dilakukan pun bisa sia-sia. Bahkan membuat anda gemuk yang tidak sehat. Semua cara menambah berat badan harus perlu diimbangi dengan aktivitas olahraga secara teratur. anda dapat melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, atau joging.

Itulah cara dan tips aman menaikkan berat badan tanpa obat, semoga berguna, dan selamat mencoba.


82 komentar:

  1. kalau saya susah mbak untuk ngilangin kopi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak ada niat untuk ngurusin badan sih gapapa minum kopi tapi jangan berlebihan :D

      Hapus
  2. Sebenarnya menaikan berat badan itu enak ya, tinggal makan banyak aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa beda kalau mau nurunin, sampai kelaparan gitu gaboleh banyak ngemil terus makan malam pun sebaiknya di hindari. kalau naikin tinggal makan aja..haha

      Hapus
  3. kalau saya pengen rasanya nuruin berat badan mbak :D , susah bener ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya selalu sabar dan berusaha aja. jangan menyerah deh

      Hapus
  4. kalau semua tips diatas dilakukan, dalam 1 bulan saya jamin berat badan pasti meningkat.. tapi hati-hati juga loh ya,, jangan sampai obesitas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul sekali, barengi dengan olahraga juga agar berat badan tetap terjaga dan selalu sehat

      Hapus
  5. tips ini harus saya lakuin nih mbak,soalnya berat badanku masih kurang banyak nih.
    makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa silahkan mencoba, samasamaa

      Hapus
    2. Semoga program menaikkan berat badannya sukses ya Mas Yanto. hehe

      Hapus
  6. kalo saya nurunin BB mbak hehehe

    BalasHapus
  7. kayaknya yg paling gampang doyan ngemil ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngemil kadang ada yang ga naiknaik juga jadi gimana orang nya sih :D

      Hapus
  8. memang mudah menaikkan berat badan ya, tapi giliran menurunkannya susahnya minta ampun....kalau saya mau mengurangi berat badan mbak nabil...masalahnya kalau gemuk susah untuk bekerja dan susah juga buat aktifitas lainnya....ok makasih infonya...menarik juga, apa lagi ada anjuran banyak nyemil buat menaikkan berat badan secara alami....salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ngemil nya juga jangan berlebihan, mentang-mentang mau naikin berat badan eh tautau badan udah terlalu besar :D

      Hapus
  9. Justru aku pengen nurunin berat badan ngga mau menaikkan berat badan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada juga yang pengen naik yang terlalu kurus gitu kan :D

      Hapus
  10. Kebetulan sekali saya sedang memimpikan punya tubuh ideal tidak ceking macam gini hikhik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara di atas bisa di coba, semoga berhasil :)

      Hapus
  11. 3 hal diatas yang paling sulit untuk saya tinggalkan, begadang, cafein dan merokok. sepertinya 3 hal itu adalah faktor utama kenapa saya nggak bisa gemuk. tapi saya juga bersyukur, karena menurut saya gemuk itu bikin saya susah untuk bergerak aktif. apalagi seorang yang cukup aktif di maya ataupun non maya hehe - "BPI"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah penyakit laki-laki kan biasanya rokok dan kopi . itu tidak bagus apalagi buat lambung. mulai ganti teh deh :)

      Hapus
    2. dulu waktu smk saya nggak pernah minum kopi, tapi semenjak aktif merokok jadi demen. ditambah lagi semakin kenal sama internet hehe tambah deh plus begadangnya. saya pernah dengar perokok itu harus minum yang namanya kopi karena punya efek bagus buat hati atau jantung gitu, saya pernah baca sih begitu.. mungkin sobat bisa bantu dengan mencarikan referensi plus diposting disini thank

      Hapus
    3. untuk postingan kedepannya mungkin ya terimakasih atas referensi nya :)

      Hapus
  12. banyakin makan dan tidur
    kurangi aktivitas
    dijamin cepet ndut :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah tau tuh :D .. tapi gemuknya juga gemuk sehat jangan kegemukan dong :D

      Hapus
  13. selamat malam Mba,,,kebetulan saya sendiri mau menaikkan berat badan, mulai saat ini saya harus mengikuti satu persatu tipsnya diatas....

    BalasHapus
  14. banyak begadang, ngopi + merokok, pantas saya ga bisa gemuk, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu mungkin masalahnya .. mulai kurangi ya :)

      Hapus
  15. saya pas ngekos dulu ngotok naikkan BB, mbak. sudah nerapkan yang pertama, dan kedua. cuma bergadangnya yang masih berlanjut, ternyata itu malah ngimbas yah, mbak. susah juga kalau tanpa bergadang, kadang pas ngerjakan tugas, atau ngeblog baru bisa pas jam malamnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa diusahakan tidur sebelum jam 11 malam untuk kedepannya..

      Hapus
    2. kalau itu susah, mbak. hihi. alasannya sekarang gak penting: nunggu bonus kuota terbesar, hihi. jadi kesempatan berselancar dan BW. apalagi sekarang lagi di kosan, lupa bawa modem. jadinya ngandalkan dari paket data. itupun juga mulai jam satu dini hari banyak, jadi berkeliaran jam segini. adu, maaf oot :D, ini mah curhat, hhe.

      Hapus
    3. kalo saya sih yang jadi mas richo mending pilih kesehatan dari pada nunggu bonus kuota, kalo bonus kuota kan kesempatan datang bisa kapan aja, lah kalo sekarang udah sakit itu lebih mahal mana coba ngobatin sakit apa beli kuota hehee

      Hapus
  16. saya yang sulit ya berhenti rokok sama kafein, ngopi tanpa rokok rasanya kurang deh :D

    BalasHapus
  17. saya makannya sudah banyak tapi ko belum gemuk-gemuk juga..

    BalasHapus
  18. Terima kasih kunjungannya ke www.jadipintar.com. Blogn anda bagus dan bermanfaat bagi pembaca, tapi saya lebih perlu menurunkan berat badan, maklum, tinggi 178 cm, tapi berat sudah 87 kg. kalau amal berat sih bagus, lha kalau badan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu sih udah normal mas.. gak usan naikin / nurunin BB, lah saya ini yg pengen naikin BB... tinggi 182 bb cuma 61 :'(

      Hapus
    2. mas wasiun : cara atau tips menurunkan berat badan udah di posting sebelumnya , bisa di lihat yaa :)

      mas fazri : kadang faktor keturunan juga bisa mempengaruhi mas

      Hapus
  19. saya juga pengen menaikkna berat badan,, semoga bisa bantu nih dengan cara diatas

    BalasHapus
  20. saya susah mau naikin berat badan... bukannya bb yg naik, malah perut yg maju... hrs olahraga nih ya :D

    BalasHapus
  21. Kalau saya sih mbak, saat ini mau menurunkan berat badan, soalnya naik drastis tu heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurunkan berat badan bisa di lihat tips nya di postingan sebelumnya ya mas

      Hapus
  22. kalau saya susah yang namanya olahraga mba.. trims ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya termasuk saya juga sih mba, tapi setelah rutin mengikuti senam aerobik di sanggar, ternyata olahraga terasa menyenangkan ko

      Hapus
  23. Saya yakin cara dan tips diatas aman dilakukan untuk menaikkan berat badan karena semua tips nya tidak menggunakan obat sama sekali. Namun sayang nya , saya lagi pingin nurunin berat badan Mbak Nabil Fayadh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menurunkan berat badan bisa di lihat di postingan sebelumnya ya mas dory, mungkin mas dory baru berkunjung sekarang :D

      Hapus
  24. Hampir smuanya sudah saya lakukan, tapi nyatanya BB nya belum naik juga...hanya begadang saja yang sulit dihilangkan. hehe. ada solusi yang instan gak? dalam hitungan hari atau minggu juga boleh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hitungan hari apa lagi minggu kayanya bisa kalo dengan cara di paksa, kan ada istilah bisa karna di paksa

      Hapus
  25. belakangan ini berat badanku emang naik
    gegara jarang olahraga malah

    naik banget
    di perut apalagi -____-

    hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm harus banyak situp biar perutnya kecil lagi wkwkwk

      Hapus
  26. kalau saya malah ingin menurunkan berat badan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menurunkan berat badan sudah ada tips nya bisa di lihat di postingan sebelumnya ya mba hehe

      Hapus
  27. selamat malam Mba... Point terakhir sepertinya yang paing berat untuk saya lakukan karena saya paling malas yang namanya berolahraga Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir kebanyakan memang paling malas yang namanya olahraga karena kalo ga terbiasa dengan olahraga ya badan cepet cape nya,

      Hapus
  28. wahhh maaksih sist. ini bermanfaat sekali bagi saya yg pengen naik berat badan, menarik sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama terimakasih atas kunjungan nya

      Hapus
  29. Hindari juga stress dan lihat juga turunannya.Kalo memang turunannya kurus usaha apa aja nggak berhasil(pengalaman pribadi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener juga mas, faktor keturunan juga ada mempengaruhi juga

      Hapus
  30. Wuaaa aku butuh banget tips ini. secara aku jauh di bawah bb normal :(
    tapi mengurangi begadang itu susah ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengurangi begadang nanti deh saya coba update hehe

      Hapus
  31. Saya biasanya minum seteguk air putih sebelum makan. Pantas saja berat badan saya enggak naik-naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi saya juga suka kok :D .. soalnya seret kalau ga minum sebelum makan .. hahaha

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Wah bingung mau komentar, yang jelas saat ini istri saya sedang butuh untuk menambah berat badan,,,,cuma menurut saya, alangkah indahnya jika artikel ini juga membahas dari segi psikologi, tentunya bukan dengan obat dan aman. seperti contoh, banyak fikiran spertinya bisa menjadi pengaruh besar yang menghalangi seseorang menambah berat badan.. betul betul? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak fikiran bikin langsing kadang bikin gemuk .. gimana orang nya sih .. kadang ada yg stress langsung lari ke makanan .. alhasil gemuk dong

      Hapus
  34. Kalo punya kebiasaan susah tidur (insomnia), perokok aktif, gak suka sayur, dan jarang olahraga, masih bisa gemuk gak yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa .. tinggal atur makan nya terus banyak ngemil :D

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  36. Duhh.. Tipsnya sih bagus tapi mau prakteknya yang susah.. mana begadang mulu kerjaannya.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakilaki ratarata masalah di gadang yaa :D

      Hapus

Copyright © 2012 Blog Informasi Kesehatan All Right Reserved